Rumah Minimalis

gambar rumah minimalis

Rumah Minimalis

Rumah Minimalis adalah adalah satu gaya arsitektur yaitu "minimalis style" yang di terapkan pada desain sebuah rumah. Arsitek yang memakai gaya arsitektur minimalis pada desain rumah biasanya menyadur bentuk yang sederhana atau pada umumnya adalah persegi atau kotak.

Rumah minimalis memang bukan gaya arsitektur asli dari daerah tropis atau Indonesia khususnya, dimana beberapa elemen bangunan haruslah dimodifikasi agar sesuai dengan iklim kita di Indonesia. Contohnya adalah panjang atap tritisan pada desain rumah minimalis di indonesia sebaiknya tetap dapat melindungi rumah dari efek tampias air hujan.

Arsitek di jogja atau lebih luas lagi di indonesia membuat gabungan antara konsep arsitektur rumah minimalis dengan budaya atau arsitektur lokal masing-masing daerah di Indonesia. Contoh saja Arsitek di jogja sebagian arsitek rumah minimalis mengawinkan dengan konsep desain rumah joglo yang merupakan rumah adat di yogyakarta dan sekitarnya.

Rumah minimalis sebenarnya tidak hanya pada bentuk atau fasad rumah saja tetapi desain rumah minimalis yang baik selalu di desain sejak denah rumah di buat, dimana arsitek haruslah membuat denah lebih simple atau minim agar ketika desain denah rumah tadi di angkat menjadi tampak bisa tetap terlihat sebagai rumah minimalis.

Rumah minimalis juga tercermin dari pemilihan bahan untuk finishing, seperti bagaimana desain keramik atau lantai, desain finishing dinding dan lain sebagainya. jadi jika anda ingin membuat model rumah minimalis yang rigid atau terlihat sebagai satu kesatuan yang utuh/ sempurna maka sebaiknya model rumah minimalis dibuat secara detil pada setiap tahap pada saat proses desain rumah.


Rumah minimalis dengan pintu dan jendela kaca yang lebar akan terlihat lebih ringan dan memiliki kessan melayang ketimbang berdinding padat, hanya saja perlu diperhatikan lebih seksama dalam perletakan kaca nya agar jangan sampai membuat rumah minimalis yang anda bangun menjadi kurang nyaman karena tidak pas dalam perletakanya.


Sisi padat rumah minimalis jika difinish menggunakan bahan yang modern maka akan membawa desain rumah menjadi rumah minimalis modern, sedangkan sisi padat yang di finish dengan bahan alami seperti batu alam, bata atau kayu akan membuat desain rumah minimalis menjadi rumah minimalis naturalis.
   

       

Related Posts